Beberapa Tips Cara Mengatasi Kemarahan Anak

6 comments 934 views

CARA MENGATASI KEMARAHAN ANAK – Seperti yang lazim diketahui, ketika anak sedang asyik memainkan mainan-mainannya lalu dipanggil ibunya untuk segera mengenakan pakaian dan siap-siap pergi ke pasar saat itu ia merasa marah dan menolak untuk pergi bersama ibu. Karena, bermain baginya lebih senang dari pada pergi ke pasar.

cara mengatasi kemarahan pada anak

Dalam situasi seperti ini, ibu bisa berkata kepadanya. “Ibu tahu kamu marah. Ibu juga mungkin marah ketika tidak bisa melakukan apa yang ibu inginkan. Tapi kita tidak selamanya bisa melakukan apa yang kita inginkan. Untuk itu, mari sama-sama kita menikmati waktu sebentar untuk pergi berbelanja keperluan rumah.”

Mungkin cara ini tidak serta-merta menghilangkan amarah anak, namun ibu harus terus memastikan agar ia melakukan apa yang ibu minta, sehingga pada saat yang bersamaan ia tahu bahwa ibunya merasakan apa yang ia rasakan. Perasaan-perasaan ini merupakan hal normal sehingga membuat ia mau menerimanya tanpa tindakan-tindakan mengusik.

Lain halnya ketika ibu membuatnya merasa bahwa bersikap mengusik dan marah dalam situasi-situasi seperti ini tidak bisa diterima, dan ibu tidak mencintainya karena anak meluapkan amarah.

Saat itu perasaan sedihnya akan semakin runyam dan meningkat. Ketika situasi-situasi seperti ini terus berulang, tidak menutup kemungkinan ia menjadi sangat pendiam, sehingga tidak mau menunjukkan perasaan dalam hati, selalu merasa bersalah tanpa sebab yang jelas. Bisa jadi kelak ia tumbuh dewasa dengan merasa kepribadiannya terpecah dan kepercayaan dirinya lemah.

(Anak dan istri), doakan kami menjadi keluarga sakinah mwaddah warahmah

(Anak dan istri), doakan kami menjadi keluarga sakinah mwaddah warahmah

Anakku Marah di Taman Kanak-kanak
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan guru Taman Kanak-Kanak untuk menghindarkan anak-anak dari gejala-gejala amarah.

1. Penuhi keinginan untuk makan dan istirahat.

2. Sibukkan anak dengan kegiatan yang menyedot aktivitasnya, misalkan memberikan bola untuk ia mainkan.

3. Usahakan untuk tidak memperhatikan anak saat sedang tegang, dan biarkanlah dia hingga tenang.

4. Jangan menggunakan ancaman atau pukulan pada anak saat sedang marah.

5. Buatlah anak merasa bahwa ia anak normal dan Anda harus menerimanya. Tindakan Anda ini bisa membuatnya tenang dan menjadi lebih kooperatif.

By (Modern Islamic Parenting: “Cara Mendidik Anak Masa Kini dengan Metode Nabi”)

Share
author
Penulis: 
Seorang yang biasa dan baru mengenal dunia Internet. Kunjungi dan tambahkan sebagai teman Anda ya? Halaman Google Plus Ashuda.com atau Profile Google plus dan Facebook saya

Komentar sesuai akun

  1. author

    Dedy Akas Website2 tahun ago

    Cara-caranya sangat bagus ini Mas…
    Sangat patut untuk diterapkan…
    Maklum saja, anak sekarang emosinya agak berbeda… 😀
    Salam,

    Balas
    • author
      Penulis

      Nailul Huda2 tahun ago

      Iya Mas, saya tulis ini karena anak saya suka marah, bandel. Dengan ikhlas dan selalu minta pertolongan dari Allah agar menjadi anak yang shaleh, aaaaaamiiiin

      Balas
  2. author

    Djangkaru Bumi2 tahun ago

    Sekarang saatnya orang tua mendengarkan anak, bukan orang tua yang banyak bicara dan menuntut anak harus mentaatinya. Jaman telah berubah, pola asuh dan pendidikan harus mensesuikannya. Jangan mengancam dan memukul anak. justru akan membuat anak menjadi minder saat bergaul ke tengah masyarakat. Kesalahan pada anak masih bisa diluruskan.

    Balas
    • author
      Penulis

      Nailul Huda2 tahun ago

      Kalau saya kurang setuju pendapat orang tua yang harus mendengarkan anak apalagi sampai tunduk pada anak. Biar bagaiamanpun anak adalah amanah yang wajib dituntun untuk kehidupan setelah mati. Setiap anak pasti pinya orang tua tapi orang tua belum tentu punya anak.

      Balas
  3. author

    Training ISO Jakarta2 tahun ago

    Terima kasih tipsnya om, saya blm pny anak tp mgkn nanti bisa saya terapkan klo udh nikah. hehe

    Balas
    • author
      Penulis

      Nailul Huda2 tahun ago

      Sama-sama Mas, semoga nanti dapat jodoh shalihah, aaaamiiin

      Balas

Tinggalkan pesan "Beberapa Tips Cara Mengatasi Kemarahan Anak"

Loading Facebook Comments ...