Definisi, Apa Itu Virus Zika dan Bagaimana Mencegahnya?

Tidak ada komentar 992 views

Definisi Apa itu virus zika dan bagaimana cara mencegahnya?, Virus Zika, berdasarkan data dari world health organization (WHO), pertama kali ditemukan pada monyet yang ada di Uganda pada tahun 1947. Sedang pada manusia virus zika ini ditemukan di Uganda dan Tanzania tahun 1952.

Sama halnya dengan demam berdarah, viruz zika ini disebabkan oleh penularan dari Aedes(nyamuk). Nyamuk Aedes yang menggigit orang yang sudah terindikasi dapat menularkannya ke orang lain.

Gejala Virus Zika

Apa saja gejala virus zika?, kebanyakan orang yang mengalami infeksi virus zika tidak ada gejala khusus yanh terjadi. Namun demikian, beberapa orang, yakni sperempat dari orang yang terinfeksi dapat diketahaui dengan adanya tanda-tanda seperti: Gejala demam, Nyeri sendi, Nyeri pada kepala, ruam kemerahan(Raut wajah), mata merah, lemah juga lesu.

Biasanya gejala akibat Zika tersebut bisa berlangsunh selama 2-7hari lamanya. Dan gejala yang timbul terkadang akan mulai sejak 3 sampai 13 hari sejak setelah digigit nyamuk yang membawa virus zika.

Namun demikian infeksi virus ini sendiri tidak akan berdampak fatal pada orang dewasa ataupun anak anak.

Bagaimana Cara Mencegahnya?

Perlu kita ketahui, virus zika saat ini lagi menghebohkan dunia, hampir semu siaran tv juga memberitakan adanya virus zika ini. Hal ini karena sebab virus ini sedang banyak terjadi di Brazil dan penyebarannya juga menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan.

Menurut informasi, pasalnya jika virus zika ini menginfeksi ibu hamil akan berpotensi melahirkan bayi dengan kondisi mikrosefali atau terlahir dengan bentuk kepala yang kecil dan mengakibatkan perkembangan otak tidak sempurna seperti bayi yang lahir normal dan sehat.

Sangat disayangkan ternyata hingga saat ini belum ada penyembuhan untuk mikrosefali. Anak yang mengalami kondisi ini biasanya juga akan mengalami gangguan perkembangan, kejang dan anomali pada wajah.

Tidak ada atau belum ada terapi penangan khusus yang dapat dilakukan untuk mengatasi infeksi virus zika ini. Jika memang terinfeksi virus zika cara penanganannya hampir sana dengan penanganan akibat dari virus lainnya, yaitu dengan cara banyak istirahat, konsumsi air putih, melakukan simtomayik guna mengurangi nyeri dan demam.

Nah bagi ibu hamil yang punya riwayat bepergian ke daerah penyebaran virus zika dan mengalami setidaknya ada dua gejala dalam 2 minggu setelah bepergian, dianjurkan segera perikasa ke dokter.

Perlu diketahui, hingga saat ini belum ada vaksin ataupun pengobatan untuk virus zika tersebut. Centers for Disease and Control Prevention (CDC), merekomendasikan agar semua ibu hamil menunda untuk bepergian ke daerah transmisi virus zika. Kemudian untuk ibu hamil yang sudah terlanjur didaerah endimis (endemis) dihimbau supaya melakukan proteksi super ketat terhadap gigitan aedes.

Baru-baru ini, pemerintah Brazil dan kolombia meminta para ibu hamil agar menunda kehamilannya. Lalu anjuran yang ekstream diberikan oleh Pemerintah ElSavador yang himbauannyabagat para wanita tidak hamil dulu hingga tahun depan, 2018.

Lalu bagaiamana cara mencegah penularan virus zika?, yang terbaik adalah menghindari dari gigitan nyamuk aedes. Jagalah kebersihan, bagi daerah banyak nyamuk pakai kelambu setiap tidurnya. Atau dapat dilakukan dengan menggunakan cream penangkal nyamuk, pakai baju lengan panjang, celana panjang dengan warna muda juga cerah.

Bersihkan tempat-tempat yang dapat mengundang datangnya nyamuk dan yang terakhir berdoa dan berlindung agar terhindar dari penyakit. √ berbagai sumber.

Share
author
Penulis: 
Seorang yang biasa dan baru mengenal dunia Internet. Kunjungi dan tambahkan sebagai teman Anda ya? Halaman Google Plus Ashuda.com atau Profile Google plus dan Facebook saya

Komentar sesuai akun

Tinggalkan pesan "Definisi, Apa Itu Virus Zika dan Bagaimana Mencegahnya?"

Loading Facebook Comments ...