Mengenal Kota Kuala Kencana Timika, Mimika Papua

Tidak ada komentar 2462 views

Mengenal Kota Kuala Kencana Timika, Mimika Papua – Kuala kencana lahir dan diresmikan pada 5 Desember 1995 oleh mantan Presiden Soeharto. Lokasinya sendiri di Distrik Kabupaten Mimika Papua Indonesia. Distrik ini sepenuhnya dikelola oleh PT. Freeport Indonesia. Jarak antara Distrik ke Ibu kota Kabupaten 20 km.

Tempat indah ini sangat dekat dengan rumah saya, naik kendaraan sepeda motor, cuma butuh waktu sekitar 5 – 10 menit saja. Namun untuk masuk kelokas ini tidak bisa sembarang bisa masuk kecuali sudah mempunyai stiker kerja atau tanda warga(penghuni kuala kencana).

Disetiap pintu masuk dan keluar dipastikan ada pos penjagaan dalam hal ini petugas scurity dan dibantu pihak kepolisian. Ini bertujuan untuk keamanan daerah kota kuala kencana. Disamping itu kauala kencana adalah pintu masuk menuju area tambang tembagapura PT. Freeport Indonesia.

bundaran kuala kencana timika

Kota Kuala Kencana merupakan kota pertama di Indonesia yang memilik sistem saluran air kotor yang lalu disalurkan kepusat pengelolahan limbah.

Tempat pembuangan limbah ini sangat dijaga keamanannya, setiap hari pasti ada yang kontrol tanggul-tanggul penahan limbah supaya tidak jebol. Aliran air limbah yang dihasilkan dari olahan emas PT. Freeport ini sangat deras dan berbahaya. Namun demikian banyak orang yang nekad mencari sisa-sisa emas hasil olahan tersebut.

Terdapat Pemukiman

Didalam kota kuala juga terdapat pemukiman penduduk yang terbagi menjadi beberapa RW, antara lain RW A (Bumi Satwa Indah), RW B (Tirta Indah), Kompleks Apartement, Kompleks JL. Bougenville dan Bachelor`s Quarter.

Banguna Lainaya seperti sekolahan hingga tingkat Internasional, klimik, masjid, gereja dan tempat olah raga Sepak Bola, Bulu Tangkis. Ada juga kolam renang, lapangan basket,lapangan Golf dan terminal.

Masjid Arrahman

Masjid Arrahman ini terletak persis berhadapan dengan alum-alun, sebelah kanan masjid ada gedung serba guna, Shoping, Cafe, Restoran Korkafipura (Koperasi Karyawan Freeport Indonesia), Restoran Oriental milik cina ( rumah bos Orintal 100 meter dari rumah saya). Terdapat juga layanan Bank Mandiri dan BRI juga Danamond.

masjid arrahman kuala kencana

 

Terdapat PT

Didalamnya juga terdapat beberapa PT yang menunjang kinerja Freeport itu sendiri, antara lain PT. Trakindo Indonesia dan PT. United Tractor Tbk

karyawan pt united tractor di kuala kencana

Ya itulah seklumit tentang kota di daerah ujung timur Indonesia, Timika, Mimika Papua. Dan Mas Gan kalau ke Timika bisa hubungi kontak blog ini. [Salam Internet Sehat]

Share
author
Penulis: 
Seorang yang biasa dan baru mengenal dunia Internet. Kunjungi dan tambahkan sebagai teman Anda ya? Halaman Google Plus Ashuda.com atau Profile Google plus dan Facebook saya

Komentar sesuai akun

Tinggalkan pesan "Mengenal Kota Kuala Kencana Timika, Mimika Papua"

Loading Facebook Comments ...