Tanda dan Gejala Batu Ginjal

Tidak ada komentar 800 views

Tanda dan Gejala Batu Ginjal | Penyakit batu Ginjal adalah potongan-potongan bahan padat yang terbentuk ketika zat normal larut dalam urin menjadi konsentrat tinggi yang juga merupakan salah satu penyakit yang mudah ditemui di masyarakat. Lebih dari satu juta didiagnosa mengidap penyakit ginjal. Untuk Mengetahui bagaimana Sakit Batu Ginjal itu dan pengobatannya, Anda harus terlebih dahulu mengenali tanda dan gejala batu ginjal. Berikut Tanda dan Gejala Batu Ginjal.

Kenali Tanda dan Gejala Batu Ginjal

1. Nyeri

Nyeri yang dirasakan saat ginjal bisa terasa ringan hingga berat. Batu ginjal yang besar lebih memungkinkan menyakitkan saat mengeluarkan urin. Bagian tubuh yang paling nyeri adalah pada bagian punggung bagian bawah. perut bagian bawah, dan daerah selangkangan, dan dibawah tulang rusuk. Rasa sakit terasa bergelombang. Selain itu ada tanda rasa nyeri saat buang air kecil.

2. Demam

Demam kadang kala merupakan gejala batu ginjal. Gejala ini harus segera diperiksa kedotker, karena demam menggigil juga dapat menyebabkan kematian jika tidak cepat diatasi. Anda harus segera mengobati jika terjadi gejala batu ginjal demam dan menggigil.

3. Darah dalam Urine

Hematuria atau darah dalam urine merupakan salah satu gejala batu ginjal. Ketika batu ginjal melalui saluran kemih, mengiritasi ureter dan menyebabkan pendarahan sehingga urin menjadi mengandung darah. Warna urin menjadi warna merah muda atau lebih pekat tergantung dengan parahnya iritasi.

4. Mual dan Muntah

Rasa sakit yang diakibatkan batu ginjal begitu nyeri sehingga membuat Anda mual dan muntah-muntah, Ketika batu ginjal melalui ureter, dan menghalangi aliran urin dapat menyebabkan rasa sakit yang lebih sakit dari melahirkan. Nyeri hebat, mual, muntah adalah gejala batu ginjal yang harus segera diatasi dengan antiemetik, obat nyeri kuat, dan cairan infus.

5. Perubahan Urin

Tanda Batu ginjal lainnya yaitu terjadi perubahan pada urin, yakni terjadinya perubahan bau urin, bau urin sangat tidak sedap dan keruh. Namun selain itu, tanda tersebut bisa juga merupakan gejala Infeksi saluran kemih, infeksi kandung kemih, atau bisa juga penyakit menular seksual. Jika mengalami hal ini segera hubungi dokter.

Demikian Artikel Tanda dan Gejala Batu Ginjal. Kenali lah gejala nya terlebih dahulu supaya cepat ditangani ketika batu ginjal belum parah. Semoga bermanfaat untuk Anda artikel Tanda dan Gejala Batu Ginjal.

Share
author
Penulis: 
Seorang yang biasa dan baru mengenal dunia Internet. Kunjungi dan tambahkan sebagai teman Anda ya? Halaman Google Plus Ashuda.com atau Profile Google plus dan Facebook saya

Komentar sesuai akun

Tinggalkan pesan "Tanda dan Gejala Batu Ginjal"

Loading Facebook Comments ...