Cara Memperbaiki Error Header Lewat Cpanel Hosting

1 komentar 942 views

Hallo kawan, apa kabare?, semoga sehat selalu ya?. Kali ini saya sebagai admin blog adshuda mau sedikit berbagai pengalaman cara memperbaiki error header atau pun fungsi theme yang lainnya.

Bahasan ini (Cara Memperbaiki Error Header Lewat Cpanel Hosting) muncul sebenarnya tanpa sengaja, tadi saya berkunjung ke blog juragan cipir, tepatnya diforum. Disana ada kawan yang bertanya bagaimana cara mengatasi error header. Namun disana dikatakan kalau yang punya blog sama sekali tidak mengedit theme, baik menambah dan mengurangi script-script yang ada di dalam theme wordpressnya.

Nah pada kesempatan yang indah ini saya berbakti tips seperti maksud judul diatas, tapi errornya akibat kesalahan admin blog. Dulu pernah saya sempat otak-atik theme dan tanpa sepengetahuan saya – waktu itu belum sempat pasang atau hapus isi scripts – mungkin ada salah satu tanda scripts, misal hilangnya tanda ?p> atau } atau yang lainnya dan saya sempat klik tombol perubahan dan berhasil tersimpan.

Katakan saja akibat perbuatan saya eror pada header, terus saya akses domain, aduuh pusing waktu itu, ternyata blog error. Contoh gambar sebagai berikut:

Error header pada theme wordpress

Error header pada theme wordpress – Image by forum juragan cipir

Setelah tahu blog error saya jadi panik sekali, pokonya bingung banget deh. Sambil putar otak sedikit alhamdulillah ada jalan. Saya sempat kepikiran login di cpanel hosting yang saya sewa, baca: Web Hosting Murah Teamworks.co.id Indonesia

Nah buat kawan yang sekarang lagi mengalami persis kejadian tadi, saya harap rileks saja ya?. Siapkan teh atau kopi panas saja, langsung menuju file theme di komputer kawan.

Simak juga ya: Apa Keuntungan Memakai Theme WordPress Premium?

Setelah ketemu themenya silahkan buka zipnya ya?, ingat tadi yang error di bagian apa, contoh disini adalah header maka yang dibuka wajib fungsi header. Biar jelas saya sertakan gambarnya, dibawah:

view theme zip

Tunggu sebantar nanti akan muncul seperti gambar dibawah. Setelah muncul langsung cari file header.php lalu  buka dan muncul seperti pada anak panah. Langkah selanjunya semua scriptnya kawan copy semua buat nanti di pastekan pada cpanel.

header error

Sekarang kawan login saja di cpanel hosting yang di sewa. Di lanjutkan dengan membuka file manager , klik publik html, wp-content, theme, nama theme. Biar jelas saya juga sertakan imagenya’

login cpanel

Ok tambah jelaskan kawan, santai saja ya?. Katakan saja kawan sudah langsung praktek. Baik, setelah kebuka persis gambar diatas kawan tempelkan mouse pada menu header.php kemudian klik edit (bagian atas), atau klik kanan pilih edit.

Oh iya ini saya juga sudah butkan screenshotnya, hampir lupa saya

dipastekan

Langkah terakhir setelah menu header terbuka, silahkan semua isi kode dihapus semua dan tadi script yang sudah di copy kawan pastekan dilanjutkan klik simpan perubahan, tunggu sampai ada pemberitahuan telah berhasil.

Sekarang coba akses blog yang tadi error sudah jadi apa belum, saya harap kawan sekarang bisa tersenyum sambil menikmati nikmatnya rokok sampoerna mild, hehe

#Kalau cara ini tidak berhasil silahkan secepatnya hubungi pihak server yang kawan sewa dan beritahukan masalahnya. Sebab terjadinya error bisa juga terjadi pada server hosting yang kita sewa, mungkin kena hack atau virus dan ini berdampak langsung pada cliennya. [salam Internet sehat]

Share
author
Penulis: 
Seorang yang biasa dan baru mengenal dunia Internet. Kunjungi dan tambahkan sebagai teman Anda ya? Halaman Google Plus Ashuda.com atau Profile Google plus dan Facebook saya

Komentar sesuai akun

  1. author

    Ning Kayla2 tahun ago

    Ini buat edit theme wordpress toh?

    Balas

Tinggalkan pesan "Cara Memperbaiki Error Header Lewat Cpanel Hosting"

Loading Facebook Comments ...