Dampak BPJS ( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ) Terhadap Tenaga Kerja Rumah Sakit

adshusa.com BPJS merupakan sebuah asuransi yang sedang digalakan oleh pemerintah indonesia. Tujuan dari asuransi ini adalah untuk mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia dengan layanan kesehatan yang lebih mudah dan lebih murah.

Orang yang menggunakan BPJS bisa mendapatkan potongan harga dari jumlah pengobatan yang mereka lakukan. Akan tetapi, hal ini juga harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak BPJS dan juga pihak rumah sakit yang bersangkutan.

Syarat untuk membuat BPJS adalah dengan membayar sejumlah uang iuran yang dibayarkan setiap bulannya. Di dalam BPJS terdapat tiga kelas, yaitu kelas 1, 2, dan kelas 3. Dari masing-masing kelas itu jumlah bayarannya berbeda sesuai dengan kelasnya, dan kelas yang paling mahal adalah kelas 1.

Meskipun masyarakat mulai sadar dengan pentingnya sebuah jaminan kesehatan atau asuransi, namun hal ini juga berdampak terhadap tenaga kerja rumah sakit. Mungkin pemerintah kurang memperhatikan kebutuhan para tenaga kerja rumah sakit yang harus bekerja dengan lebih ekstra karena semakin banyaknya masyarakat yang berobat ke rumah sakit dengan menggunakan kartu BPJS.

Dengan menggunakan sebuah asuransi, masyarakat bisa lebih leluasa dan merasa lega karena jumlah biaya yang dibayarkan tidak begitu berat. Dilansir dari beberapa sumber dan juga dari beberapa rumah sakit Indonesia, bahwa saat ini banyak rumah sakit yang merasa kewalahan dengan jumlah pasien yang semakin banyak namun jumlah dokter yang semakin berkurang.

Jumlah dokter di rumah sakit semakin berkurang karena banyak dari mereka yang mengundurkan diri karena gaji yang kurang memuaskan. Mereka harus bekerja lebih banyak dengan bertambahnya pasien akan tetapi tidak sama halnya dengan gaji yang mereka terima. Sehingga, para dokter lebih memilih untuk berhenti dari rumah sakit dimana mereka bekerja dan mencari lowongan kerja yang menawarkan gaji lebih tinggi, bahkan tidak sedikit dari mereka yang memutuskan untuk membuka klinik pribadi.

Jika hal ini terus dibiarkan mungkin akan terjadi ke tidak seimbangan antara pasien dan tenaga kerja kesehatan. Jika tenaga kesehatan di rumah sakit semakin berkurang maka layanan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan tidak akan sempurna.

Share
author
Penulis: 
Seorang yang biasa dan baru mengenal dunia Internet. Kunjungi dan tambahkan sebagai teman Anda ya? Halaman Google Plus Ashuda.com atau Profile Google plus dan Facebook saya

Komentar sesuai akun

Tinggalkan pesan "Dampak BPJS ( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ) Terhadap Tenaga Kerja Rumah Sakit"

Loading Facebook Comments ...