Hukum Berjilbab Bagi Wanita Muslim

Tidak ada komentar 981 views

Hukum Berjilbab Bagi Wanita Muslim.  Apa hukum berjilbab bagi wanita muslim ?

Sebagian orang menganggap jilbab hanya selebaran kain yang menutup bagian kepala, ada juga yang bilang bahwa jilbab merupakan peninggalan adat arab, anggapan tersebut merupakan hal yang sangat salah.

Kenapa hal tersebut salah ? Ya karena jilbab merupakan salah satu pakaian yang melengkapi wanita sebagai perintah Allah yang sudah jelas untuk menutup aurat.

Hijab

Sebagaimana Firman Allah “Hai nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang muslim. Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka, yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu.Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha Penyayang”. (Surat Al-Ahzab ayat 59)

Dari ayat diatas sudah jelas bahwa dalam hal pemakaian jilbab diwajibkan menutup seluruh tubuhnya dengan jilbab kecuali wajah dan telapak tangan, akan tetapi yang sering kita lihat wanita muslim memakai jilbab hanya menutup bagian kepala saja. Padahal perbuatan seperti itu sia-sia saja sesuai firman Allah dalam surat Al-Kahfi ayat 103-107 :

“Katakanlah: Apakah (mau) Kami beritahu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya? Yaitu orang-orang yang sia-sia saja perbuatannya dalam kehidupan dunia, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat usaha yang sebaik-baiknya. Mereka itulah orang-orang yang mengingkari (kufur) terhadap ayat-ayat Allah dan menemui-Nya, maka hapuslah amal pekerjaan mereka, dan Kami mengadakan suatu pertimbangan terhadap (amalan) mereka di hari kiamat.Demikianlah, balasan mereka ialah jahanam, disebabkan mereka kufur/ingkar dan karena mereka menjadikan ayat-ayat-Ku dan Rasul-rasul- Ku sebagai olok-olok. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal.”

Dari ayat diatas juka dapat dipetik pelajaran bahwa hukum berjilbab untuk orang yang sudah memakai jilbab saja sudah ada ancaman sia-sia ? Lalu bagaimana dengan wanita yang tidak mengenakan jilbab di tubuhnya ?

Nah sudah jelas bukan bahwa setiap wanita muslim itu diwajibkan untuk berjilbab, kita tidak bisa menyangkal lagi hukum berjilbab bagi wanita muslim tersebut karena sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an.

Share
author
Penulis: 
Seorang yang biasa dan baru mengenal dunia Internet. Kunjungi dan tambahkan sebagai teman Anda ya? Halaman Google Plus Ashuda.com atau Profile Google plus dan Facebook saya

Komentar sesuai akun

Tinggalkan pesan "Hukum Berjilbab Bagi Wanita Muslim"

Loading Facebook Comments ...