Adshuda.com

Salam Persaudaraan

Kisah Mistis Buku Daun Lontar Berisi Ilmu Hitam

Ilmu Leak telah lama dikenal masyarakat luas, khususnya di Bali. Ilmu itu konon teramat sadis, karena yang menguasai ilmu tersebut dapat membunuh manusia dalam waktu yang relatif singkat. Ilmu Leak juga bisa menyebabkan manusia mati secara perlahan, dengan menimbulkan penderitaan yang hebat dan berkepanjangan.

Dipelajari dari buku-buku daun lontar berukuran panjang 30 cm dan lebar 3 cm yang memuat serangkaian ilmu hitam. Di atas lontar tersebut berisi tulisan aksara Bali dengan bahasa sangat sakral, dan ditulis oleh murid-murid Calon Arang yang melarikan diri ke Bali, setelah Calon Arang dikalahkan.

Murid-murid Calon Arang semuanya perempuan dan diantaranya ada empat murid yang tingkatan ilmunya cukup tinggi, yaitu Nyi Larung, Nyi Lenda, Nyi Lendi dan Nyi Sedaksa. Murid Calon Arang telah menuliskan ilmu leak ke dalam empat kitab yaitu, Lontar Cambra Berag, Lontar Sampian Emas, Lontar Tanting Emas, dan Lontar Jung Biru.

Selain itu, ilmu Leak juga memiliki beberapa tingkatan. Ilmu Leak tingkat dasar, orang itu hanya bisa mengubah wujudnya menjadi binatang seperti monyet, anjing, ayam putih, kambing, babi betina (bangkung) dan hewan lainnya. Ilmu Leak tingkat menengah, pada tingkat ini dia sudah bisa mengubah wujudnya menjadi Burung Garuda.

Baca juga:   Siang dan Malam adalah Tahapan Tahapan

Dengan kemampuan terbang tinggi, paruh dan cakarnya berbisa, matanya bisa mengeluarkan api. Selain menjadi Burung Garuda, dia juga bisa menjadi Jaka Tungul atau pohon Enau tanpa daun, dimana pada batangnya dapat mengeluarkan api, serta bau busuk yang beracun.

Untuk ilmu Leak tingkat tinggi, dia dapat mengubah wujudnya menjadi Bade, sebuah menara pengusungan jenasah bertingkat dua puluh satu, atau dalam bahasa Bali disebut Tumpang Selikur. Seluruh bagian menara akan mengeluarkan api yang menjalar-jalar sehingga apapun yang terkena sasarannya, akan hangus seketika menjadi abu.

Ilmu Pengleakan Bali memang sangat menakutkan, dan konon itu hanya sebagian dari apa yang tertulis dalam kitab Calon Arang yang dicuri oleh muridnya Empu Baradah. Entah apa jadinya jika kitab itu masih ada dan diketemukan. Baca juga: Urband Legend dari Sulawesi Selatan Hantu Sumiati

Kunjungi juga blog penulis: Hilman Septian

The Author

Ibrahim2013

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adshuda.com © 2013 - 2018, Hak Cipta Hanya Milik Allah. Frontier Theme