Lima Mahasiswa Menciptakan Smart Solar Panel

Tidak ada komentar 625 views

adshuda.com, Lima Mahasiswa Menciptakan Smart Solar Panel – Apakah anda sudah mengenal Institut teknologi Surabaya? Mungkin sebagian orang sudah mengetahui tempat kuliah Institut teknologi Surabaya ini yang menjadi salah satu jenjang pendidikan dunia teknologi. Hal ini akan menjadi sebuah berita sains terbaru yang ada di Negara Indonesia.

Pada tahun 2014, ada lima orang mahasiswa dari Institus Teknologi Surabaya yang telah berhasil dalam menciptakan sebuah panel surya yang sangat bagus dan baik. Dimana nama panel surya ini telah dinamakan menjadi Smart Solar panel atau lebih disingkat (SPS).

Tujuan pembuatan SmartSolar Panel ini, adalah untuk mengoptimalkan penyerapan suatu intensitas dari cahaya matahari yang lebih besar. Hal itu, dapat mengukur dimana cahaya matahari akan datang.

Dari lima mahasiswa Institut Teknologi Surabaya itu tak lain adalah Rizky Nafiar Rafiandi, Muhammad Fadli Azis, Nor Ain Firdaus, Muhammad Adhijaya S dan Evandro Aditia Sinuraya.

Pembuatan Smart Solar Panel itu menghabiskan dana sebesar sembilan puluh juta yang diberikan oleh Dikti (Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi) kepada tim dari mahasiswa Institut teknologi Surabaya tersebut. Sehingga pada saat mengikuti Pimnas (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) yang ke 27 di Universitas Diponegoro, akhirnya karya mereka telah berhasil (lolos).

Hasil dari inovasi ini merupakan sebuah lensa Fresnel ditambahkan dengan solar tracker. Sehingga dapat menghasilkan suatu panel surya. Alat untuk mengatur posisi dari panel surya yang mampu mengikuti dari arah sinar matahari secara otomatis adalah solar tracker.

Solar tracker memang pada umumnya sering digunakan. Akan tetapi, bagi lima mahasiswa ini bisa dapat membuat suatu inovasi yang sangat bagus dari solar tracker yang digunakan untuk membantu dalam penyerapan sinar matahari.

Smart Solar Panel yang di ciptakan oleh lima mahasiswa Institut Teknologi Surabaya ini memang sudah menggunakan salah satu metode yaitu real-time clock. Dimana SPS ini, memiliki solar tracker yang akan bertujuan untuk mengetahui seberapa derajat pergerakan jika terkena cahaya matahari. Sehingga, kita dapat memudahkan dalam menghitung waktu penyerapan datangnya sinar matahari. Adapun juga Smart solar panel dibuat dengan menggunakan suatu lensa Fresnel yang bertujuan kepada suatu sel dari suryanya.

Mengapa menggunakan lensa Fresnel pada pembuatan smart solar panel? Sebab, bahan ini mempunyai suatu kemampuan yang sangat bagus dalam meningkatkan penyerapan suatu cahaya matahari yang lebih tinggi. Selain itu, kualitas dan bentuk lensa Fresnel tersebut, berukuran yang sangat tipis dan juga lebih ringan. Maka, alat ini bisa digunakan untuk menambahkan suatu kebutuhan dalam pembuatan smart solar panel ini.

Menciptakan smart solar panel memang bukanlah yang gampang. Akan tetapi, bagi kelima mahasiswa ini, pembuatan smart solar panel tentu membutuhkan waktu yang lebih banyak, untuk mengukur dari semua bahan yang digunakannya supaya lengkap.

Untuk meningkatkan dalam mendapatkan intensitas sinar matahari yang telah masuk, tentunya lebih membutuhkan lensa fresnal. Karena, dalam melakukan suatu perhitungan pada titik, menjadi sebuah hal yang yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil perhitungan dari datangnya cahaya matahari.

Maka dari itu, dengan adanya smart solar panel atau lebih dikenal panel surya yang diciptakan oleh lima mahasiswa ITS ini, Rizky mengatakan bahwa mudah-mudah semua masyarakat tentunya tidak akan lagi menggunakan suatu panel surya yang berfungsi untuk seumber energi. Sehingga mereka bisa mencoba menggunakan smart solar panel yang ada seperti saat ini.

Share
author
Penulis: 
Seorang yang biasa dan baru mengenal dunia Internet. Kunjungi dan tambahkan sebagai teman Anda ya? Halaman Google Plus Ashuda.com atau Profile Google plus dan Facebook saya

Komentar sesuai akun

Tinggalkan pesan "Lima Mahasiswa Menciptakan Smart Solar Panel"

Loading Facebook Comments ...