Pentingnya Mengkonsumsi Air Putih Bagi Kesehatan

Tidak ada komentar 777 views

Pentingnya Mengkonsumsi Air Putih Bagi Kesehatan – Mungkin masih banyak orang yang belum tahu pentingnya mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya, atau mungkin sebagian orang ada yang kurang serta malas memenuhi jumlah takaran air yang dibutuhkan oleh tubuh dengan macam-macam alasan.

Tahukah anda kalau air putih yang begitu sederhana ternyata memiliki manfaat yang luar biasa? Simak bahasan saya kali ini, dijamin tidak menyesal.

Tubuh manusia sebenarnya terdiri dari air, darah dan otak adalah organ tubuh yang paling banyak kandungan airnya. Komponen air terbanyak dalam tubuh adalah darah, sekitar 95% kandungan airnya. Sedangkan 90% nya dimiliki otak.

Secara normal sebenarnya tubuh kita memerlukan dua liter air atu sedikitnya delapan gelas perhari untuk mengganti cairan tubuh yang hilang melalui keringat, urin, pernafasan ataupun sekresi.

Disarankan meminum dua gelas air setiap pagi agar tubuh terasa segar dalam menjalankan aktivitas setiap hari, para dokter pun juga menyarankan untuk mengkonsumsi delapan hingga sepuluh gelas air putih perharinya untuk menjaga metabolism tubuh tetap normal.

Jika kita kekurangan air maka akan sangat berbahaya, awalnya pun tidak langsung terasa namun sangat beresiko.

Tubuh akan senantiasa mengambil air dari dalam darah untuk menjaga keseimbangan diri, jika darah kekurangan air maka akan mengental dan menghambat proses kerjanya untuk menghantarkan oksigen dan zat penting dalam tubuh juga akan terganggu.

Darah kental akan melewati ginjal untuk menyaring racun-racun berbahaya dari dalam darah. Terdapat saringan halus pada ginjal untuk menyaring racun sehingga ginjal akan bekerja lebih keras. Mungkin saja dengan kerja keras tersebut membuat ginjal lelah dan rusak, sehingga akan membuat anda perlu melakukan hemodialisis atau dengan kata lan yaitu cuci darah. hal tersebut merupakan pengaruh dari kurangnya asupan air dalam tubuh sehingga resiko yang ditimbulkan juga cukup berat.

Lalu bagaimana dengan otak? Tidak jauh berbeda dengan darah, otak pun juga terancam resiko dari kekurangan air. Bahwasanya sel-sel yang terdapat dalam otak justru paling banyak menerima oksigen dan makanan yang dibawa oleh darah.

Jika darah mengental maka akan menghambat proses perjalanan darah membawa oksigen dan makanan ke otak sehingga membuat sel-sel dalam otak tidak dapat bekerja secara maksimal dan dapat memicu terjadinya stroke.

Anda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi pada diri anda ataupun keluarga, untuk itu rajinlah mengkonsumsi delan gelas air atau lebih setiap hari dan ajak keluarga anda membiasakannya. Tubuh sehat, aktivitaspun lancar.

Share
author
Penulis: 
Seorang yang biasa dan baru mengenal dunia Internet. Kunjungi dan tambahkan sebagai teman Anda ya? Halaman Google Plus Ashuda.com atau Profile Google plus dan Facebook saya

Komentar sesuai akun

Tinggalkan pesan "Pentingnya Mengkonsumsi Air Putih Bagi Kesehatan"

Loading Facebook Comments ...